Berita
Syaiban, Inspirasi Baksos SSG 34

Syaiban, Inspirasi Baksos SSG 34
Baksos ini sejatinya adalah dakwah yang merupakan perintah Allah. Para santri SSG rela datang jauh dari rumahnya untuk berdakwah.

Henry Ismail, Komandan Latihan (Danlat) Santri Siap Guna 34 mengatakan, Bakti Sosial SSG 34 terinspirasi dari Syaibah, salah seorang sahabat Rasulullah. Diriwayatkan, Syaiban merupakan sahabat yang tidak pernah ketinggalan salat berjamaah bersama Rasulullah. Pada suatu Subuh, Syaiban tidak ikut salat berjamaah.
 
Rasululllah pun menanyakan kabar Syaiban kepada para sahabat lainnya. Tidak satu pun yang tahu. Kemudian Rasululah menanyakan rumah Syaiban. Ada salah satu sahabat yang tahu. Kemudian, berangkatlah Rasulullah ke rumah Syaiban.
 
Ternyata rumah Syaiban sangat jauh sekali. Butuh tiga jam berjalan kaki untuk sampai ke rumahnya. Rasulullah bertemu dengan istri Syaiban dan menanyakan kabar Syaiban. Istrinya mengatakan bahwa Syaiban telah meninggal dunia. Namun, ada sesuatu yang aneh ketika Syaiban sedang sakaratul maut.
 
Ketika nyawanya akan terlepas dari tubuh, Syaiban berteriak, “Mengapa tidak lebih jauh, mengapa tidak yang lebih baru!” Rasulullah menakwilkan, saat meninggal dunia, diperlihatkan pahala perjalanan Syaiban ke masjid. Makanya ia berteriak mengapa tidak lebih jauh, kalau lebih jauh pahala akan lebih besar.
 
Untuk kalimat kedua, ujar Henry, itu karena pada suatu hari Syaiban memakai dua baju untuk pergi ke masjid, yang baru dan yang sudah biasa dipakai. Di jalan ia menemukan pengemis yang membutuhkan. Syaiban kemudian memberikan baju yang lama. Saat sakaratul maut, pahala memberi baju itu juga diperlihatkan. Makanya ia berteriak, kenapa tidak yang baru. Kalau yang baru pasti pahalanya lebih besar.
 
Hal tersebut, tidak jauh beda dengan para santri SSG 34 yang banyak berasal dari luar kota rela mengadakan baksos. Baksos ini, ujar Henry, sejatinya adalah dakwah yang merupakan perintah Allah. Para santri ini rela datang jauh dari rumahnya untuk berdakwah.
 
“Ini juga kan temen jauh-jauh. Ada yang dari luar kota, mereka rela mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya. Mudah-mudahan mereka juga bisa mendapatkan pahala karena pengorbanannya,” ujar Henry. 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Baksos SSG 34 Digelar Lebih Singkat
Baksos SSG 34 Digelar Lebih Singkat
Minggu, 17 September 2017
Berbeda dari angkatan-angkatan sebelumnya, bakti sosial (baksos) Santri Siap Guna (SSG) Daarut Tauhiid angkatan 34 digelar lebih singkat dengan persiapan yang singkat pula.
Galeri
Pelantikan Santri Siap Guna Angkatan 30

Pelantikan Santri Siap Guna Angkatan 30

Pembukaan Santri Siap Guna Angkatan 30

Aa Gym sedang membuka Acara Pembukaan SSG Angkatan 30